Jumat, 15 Februari 2019

Teknologi perkantoran dan peralatan kantor

Pengertian Teknologi Perkantoran 
    Teknologi perkantoran adalah bagaimana proses mencatat, menghimpun, mengolah, memperbanyak, mengirim dan menyimpan bahan-bahan keterangan secara efisien dengan menggunakan mesin-mesin. Oleh karena itu perlu sekali mengenal tentang jenis mesin untuk keenam macam kegiatan itu dan bagaimana cara menggunkannya.

Macam-macam Mesin Kantor 
       Dilihat dari tenaga penggeraknya, yaitu:
  • Mesin manual ialah mesin-mesin yang digerakkan oleh tenaga manusia.

  • Mesin listrik (elektrik) ialah mesin-mesin yang digerakkan dengan tenaga listrik atau baterai. 



Pengertian peralatan kantor 
    Peralatan atau perlengkapan kantor adalah barang-barang yang digunakan untuk menghasilkan suatu pekerjaan yang diharapkan di kantor. 

Macam-macam peralatan kantor
  1.peralatan kantor  yang bukan mesin kantor, yaitu:  
  • Meja
  • Kursi
  • Rak arsip
  • Lemari arsip
  • Box file arsip
  • Pensil
  • Pulpen
  • Penggaris
  • Penghapus 
  • Stampel
  • Kalender meja
  • Gunting
  • Jepitan kertas dan lain-lain sebagainya

  2.peralatan kantor yang termasuk mesin, yaitu:
  • Mesin jumlah
  • Mesin hitung
  • Mesin tulis
  • Mesin perekam
  • Mesin OHP (Over Head Projector) 
  • Mesin foto copy dan lain-lain sebagainya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar